-->

Test Drive Mitsubishi Mirage







Sumber Artikel : Evolution Magazine 8 ( Edisi Oktober - Desember 2012)

Mitsubishi Mirage yakni city car, yang diandalkan sebagai produk global dengan tingkat efisiensi materi bakar tinggi dan harga terjangkau untuk entry level. Berdasarkan pengujian di Thailand, Mirage klaim memiliki konsumsi materi bakar satu liter untuk 21 km.
Mirage sendiri berasal dari kata Le Mirage. Dalam bahasa Perancis, artinya keinginan yang balasannya terwujud. Mirage yakni mimpi besar Mitsubishi terhadap sebuah city car berkarakter Mitsubishi, yakni berkemampuan ibarat kendaraan beroda empat reli yang jago dan gesit. Karakter Mitsubishi dalam versi mini inilah yang berhasil diwujudkan dengan Mirage. 





Merayakan mimpi yang terwujud ini, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), biro pemegang merek Mitsubishi di Indonesia, mengajak sekitar 25 media untuk melihat pribadi pabrik produksi Mirage di Laemchabang, Thailand, 9-12 September lalu. Pabrik gres dengan kapasitas 150 ribu unit ini dibangun dengan investasi 27 miliar yen. Tak heran, kalau pabrik ini sangat modern, beberapa belahan ibarat stamping line dan painting line, memakai robot-robot sehingga kualitas produksi Mirage tinggi. 

Setelah melihat pabriknya, rekan media termasuk penulis berkesempatan menjajal Mirage di sirkuit Bonanza Speedway di Khao Yai, yang berjarak tiga jam perjalanan dari Bangkok. Sepintas tempat ini ibarat Lembang, Jawa Barat

Di sirkuit sepanjang 2,8 km ini, jalur lurusnya disiapkan tes slalom dan akselerasi. Pihak pengelola sirkuit menegaskan bahwa ini bukan tes tabrak cepat, tetapi tes handling dan akselerasi. Maka kecepatan kendaraan beroda empat pun dibatasi maksimal 60 km per jam. Pihak panitia menyiapkan lima unit Mirage dari dua varian, yakni GLX transmisi manual (dua unit) dan GLS Limited transmisi otomatis (tiga unit). Pada kesempatan pertama, redaksi bersama seorang jurnalis mencoba Mirage GLX warna kuning. Kualitas interior varian ini cukup baik dengan head unit yang menyatu panel dash board. Kualitas jok juga cukup nyaman sehingga posisi mengemudi yang pas gampang dicapai. Visibilitas Mirage juga baik

Tak jauh dari titik start, tes slalom sudah menanti Mirage, yang dibanderol mulai Rp. 139 juta di Indonesia. Transmisi manualnya yummy dioperasikan, sehingga menempuh 60 km per jam sangat mudah. Setir Mirage yang ringan dan nyaman sangat membantu melewati tes slalom ini. Mirage juga gampang dikendalikan dan cukup stabil.

Setelah tes slalom, Mirage diuji untuk melahap beberapa tikungan di Sirkuit Bonanza yang bervariasi, mulai dari sudut sempit, lebar, sampai 180 derajat. Dengan kondisi sirkuit yang tidak flat, kadang menanjak atau menurun, kemampuan Mirage benar-benar diuji sampai akhir. Akselerasi Mirage juga cukup baik untuk bermanuver menaklukkan tikungan tersebut. Dengan abjad mesin Mitsubishi Mirage bisa melahap semua tes itu dengan mulus.

Tak puas dengan versi manual, redaksi pun mencoba versi matik. Dibandingkan versi manual, versi matik ini terasa lebih kurang tenaganya. Tapi tak perlu khawatir terhadap kemampuan Mirage menaklukkan tikungan tikungan yang bervariasi di Bonanza Sirkuit. Dengan teknologi CVT, Mirage versi matik cukup nyaman, meski terasa ada sedikit lag dikala perpindahan gigi. Sekitar hampir dua jam kami memeras kemampuan Mirage di sirkuit sepanjang 2,8 km ini. Meski berada di tempat pegunungan, suhu di sirkuit sangat panas sampai mencapai 40 derajat celcius.

Test Drive Jakarta

Tak puas dengan tes di sirkuit Bonanza, Thailand, pihak Mirage. Di Indonesia, Mirage dipasarkan dalam tiga varian, yakni Exceed dan GLS (keduanya bertransmisi otomatis CVT), serta GLX (manual 5 speed). Ketiga varian ini dipasarkan mulai Rp. 139 juta sampai Rp. 165 juta (on the road).

Test drive di jalanan Jakarta ini sangat menarik. Sebagai city car, Mirage ditantang untuk bisa menjadi jawaban terhadap kebutuhan kendaraan beroda empat kecil yang bisa diandalkan dengan kondisi jalan ibu kota yang cenderung macet, serta stop and go.

Bergerak dari markas besar KTB di Pulo Mas, Jakarta Timur, tersedia sekitar 14 Mirage dalam semua varian dan warna. Penulis menerima Mirage GLS warna kuning. Bertajuk Rainbow Fun Driving, para jurnalis harus menemukan pos pertama dari petunjuk terbatas dari panitia.

Ternyata Pos pertama yakni pom bensin di Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan. Kondisi kemudian lintas dari Pulo Mas-Kuningan yang cenderung macet benar-benar menguji Mirage, terutama kemampuan menyalip dan berakselerasi.

Pos kedua yakni Taman Menteng. Sayangnya di bersahabat pos pertama, banyak agresi demo sehingga jalan di tempat Kuningan menjadi macet sekali. Rute menuju pos kedua yang mestinya singkat pun menjadi berantakan. Namun di sinilah serunya. Beberapa penerima mulai mencari jalan alternatif menuju pos Taman Menteng. Persaingan pun terjadi. Aksi salip antar penerima sering terjadi.

Dengan mesin 1.193 cc dan transmisi CVT, Mirage punya kekuatan untuk itu. Bertenaga 77 ps di 6.000 rpm dan torsi 100 Nm di 4.000 rpm, Mirage lincah diajak bermanuver. Dimensinya juga kompak dengan wheelbase 2.450 mm. Setir ringan dengan teknologi EPS menciptakan Mirage semakin gampang dikendalikan.

Dari pos Taman Menteng, penerima harus menuju pos booth KTB dalam event IIMS di tempat Kemayoran, Jakarta Pusat. Setelah berfoto dengan Mirage di booth KTB, penerima menuju pos keempat di tempat SCBD, Sudirman, Jakarta Pusat, sebelum pos final di mal Senayan City.

Menggunakan suspensi MacPherson strut di depan dan torsion beam di belakang, Mirage cukup empuk melibas jalanan ibu kota yang cenderung bergelombang dan berlubang. Namun untuk kondisi jalan yang rusak, Anda perlu hati-hati sebab factor ground clearance. Kabin Mirage cukup baik meredam bunyi dari luar. Dengan sistem audio yang mendukung USB port, Anda bisa menikmati lagu favorit Anda dengan nyaman.

Dengan fitur Multi Information Display (MID), Anda juga sanggup info berkendara ibarat jarak tempuh, potensi jarak tempuh dan rata-rata konsumsi materi bakar. Dari jok belakang, Mirage cukup nyaman sebab leg room-nya panjang dengan 1.650 mm dan headroom yang besar.So, It’s really fun with Mirage today!


Informasi simulasi kredit dan diskon final tahun untuk Mitsubishi Mirage, sanggup anda temukan disini

 yang diandalkan sebagai produk global dengan tingkat efisiensi materi bakar tinggi dan har Test Drive Mitsubishi Mirage

0 Response to "Test Drive Mitsubishi Mirage"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel